Jumat, 19 Oktober 2012

Jadi orang baik itu "menderita"

Berawal dari perasaan biasanya baik cowok maupun cewek mulai ngedeketin "targetnya" masing-masing. Segala daya upaya dan usaha dilakuin. Cewek dengan nunggu-nya dan ngasih tanda-tanda,sedangkan cowok dengan serbuan hadiah dan sikap baiknya. Emang jadi orang baik itu adalah idaman seseorang. Ketiak eh ketika gue nanya ke cewek (karena gue cowok) : "orang yang lu suka macam apa sih?" cewek : "yang pastinya baik, ganteng, setia, dkk". Kata baik itu menjadi yang disebut pertama kali. Berati menjadi baik itu idaman lawan jenis, begitupun dengan sejenis. Kalo lu jadi orang baik, gampang banget temenan sama orang dan gampang dikenal, itu sisi positifnya. Tapi apakah kawan-kawan semua sadar dampak negatif jadi orang baik? karena setiap aspek kehidupan itu pasti memiliki sisi positif dan negatifnya.

Baik yang seperti apa yang memiliki dampak negatif? Semua jenis baik terutama dibubuhi kata "terlalu" itu yang menjadi boomerang. Sebelum ngebahas lebih jauh coba ditinjau dulu apa sebenernya definisi baik (kata sifat) itu, Baik menurut otak gue yaitu sesuatu hal yang disepakati bernilai positif di kalangan masyarakat tertentu. Baik menurut arab, belum tentu baik menurut amerika, dan juga belum tentu baik menurut indonesia. Baik itu relatif, tergantung nilai yang dianut tiap kelompok masyarakat. Itu definisi baik menurut gue.

Setelah kita tau definisi baik, baru deeh bisa mulai jelasin apa dampak negatif dari baik. Yang gue sorotin disini adalah baik yang berlebihan, karena kalau baik pada kadarnya akan sangat bermanfaat. Terlalu baik itu sungguh sangat menderita. Karena seseorang menjadi baik itu pasti ada maunya, Mau adalah keinginan, ketika keinginan seseorang tidak terpenuhi, maka rasa sakit hatinya cukup buat bikin galau paling nggak 1 minggu.

okay, dampak negatif dari menjadi orang yang terlalu baik adalah ketika lu deketin seseorang yang lu niatin pengen jadi pasangan hidup lu, itu bakalan agak sulit. Kedua, Orang baik ketika berbuat kesalahan besar suka langsung di judge gak baik, tapi kalo orang gak baik ngelakuin perbuatan baik jarang kena *judge. dari dua hal itu akan gue jelasin lebih rinci lagi selanjutnya.

1. ketika lu deketin seseorang yang lu niatin pengen jadi pasangan hidup lu, itu bakalan agak sulit. Kenapa demikian? Karena sikap terlalu baik lu itu membimbing lu untuk memberikan segalanya yang belum saatnya. Misalnya, karena lu anggap dengan anter jemput calon pasangan lu, maka lu bisa dapetin hatinya. SALAH BESAR, yang ada lu nanti jadi tukang ojek pribadinya dan gratis lagi. Bukan itu yang dimauin sama cewek, tapi coz lu nawarin tumpangan, ya kalo gue jadi tu cewek, terima aja lumayan pulang gratis. UNDERLINE : GAK SEMUA CEWEK MEMPAN AMA HARTA BENDA LU, KEBAIKAN LU, NIAT TULUS LU, KESETIAAN LU DLL. Yang mereka butuhin itu cuma realisasi dari semuanya, percuma lu ngomong" tentang masa depan lu yang cerah, harta benda yang bakal lu dapet nanti, masa lalu lu yang wah, yang mereka liat adalah SEKARANG, HARI INI, karena mereka lebih menikmati momment hari ini, dan buat masa depan, mereka fikirin setelah momment detik ini terlewat. Kesimpulannya dengan lu memberikan kebaikan-kebaikan lu, maka secara gak langsung lu udah biarin hidup lu "terinjak-injak" dengan kebaikan lu sendiri.

2 Orang baik ketika berbuat kesalahan besar suka langsung di judge gak baik, tapi kalo orang gak baik ngelakuin perbuatan baik jarang kena *judge. Kenapa bisa gitu? gini, coba lu fikirin, ketika ada ustad jadi ustad cabul, atau dukun cabul. Image yang mending yaitu dukun cabul. Namun ketika tu dukun misalnya ngelakuin kebaikan biasanya gak terlau diperhatiin sama lingkungan coz label dia udah jadi dukun. Tapi coba ada ustad sholeh banget, kemudian ketauan dia ngelakuin hal cabul, apa orang-orang bakal sama ngewajarinnya kalo dibandingin ama dukun yang berbuat baik? kalo gue sih lebih anggap tu ustad yang udah kurang ajar, dan kemungkinan dijauhin ama lingkungannya. Tapi kalo dukun ngelakuin hal baik, jarang ada yang langsung dateng dan ngasih rantang ke rumah dukun itu. udah jelas contohnya?

Gue disini bukan nyuruh jadi orang jahat, gue cuma mau buat kawan-kawan sadar bahwa janganlah jadi orang yang terlalu baik, jadi baik itu boleh, namun ketika ada kata "terlalu" itu yang bikin kata baik menjadi tidak pas....

regards
ariezzaholic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar