Rabu, 17 Oktober 2012

hidup bebas ..(?)


Hidup bebas, hmm, ada yang mau? pasti semua orang juga mikir kalo hidup bebas itu enak banget karena semua aturan yang ada itu nyiksa banget. sebelum jauh-jauh ngebahas hidup bebas, kenapa gak dimulai dari pengertian bebas. Bebas itu artinya tidak ada penghalang apapun, atau kalo menurut gue bebas itu adalah sebuah kecenderungan untuk melawan kebiasaan-kebiasaan yang telah baku dimasyarakat. selama aturan itu masih mengikat seorang individu, maka selama itulah kebebasan tidak ada. mungkin gitu kali ya? tapi justru kalo kata gue kata-kata diatas itu gede boongnya. Kenapa? pemikiran bebas tanpa batasan itulah yang salah. sadar atau tidak sadar tidak ada kebebasan dimuka bumi ini, karena kebebasan seseorang terhalang kebebasan orang lain, sebebas-bebasnya elu, gak akan pernah bisa datengin kantor polisi langsung granat deh tuh kantor. Gak kan? kalo hidup bebas artinya kegiatan yang diatas itu bisa terlaksana.

Bebas, setelah ambil kesimpulan dari uraian singkat tentang definisi yang masih sangat minim sumber, itu sepertinya sesuatu yang abstrak. Apa ada yang pernah tau wujud atau bentuk tu bebas? hmm, kalo ada gue kasih 10 jempol deh buat lo. Bebas itu masih dalam ranah pemikiran, nah manusia itu bebas untuk berfikir, namun untuk hasil dari pemikiran manusia itulah yang tidak ada kebebasan, karena terbentur dengan adat, norma, peraturan, dan bahkan kebebasan orang lain juga. Masuk lagi jadi kebebasan manusia itu ada di ranah pemikiran, contohnya seorang filosof yang terhormat sampai ada yang dihukum mati ketika dia menyampaikan pemikirannya yang jelas bertentangan dengan dogma gereja, akhirnya sang filosof yang terhormat itu mati karena mengeluarkan buah fikiran yang tidak sesuai, dan kebebasan dia hilang karena direalisasikan ke kehidupan nyata.

BEBAS ITU TIDAK BEBAS, tidak ada yang bebas didunia ini, yang ada hanyalah belenggu yang membatasi lo karena diri lo sendiri yang ngebikin tu belenggu. Contoh kongkritnya lu ngerasa kalo lo udah gak mampu nerima lagi yang namanya mata kuliah statistika, secara gak langsung lu batasin diri lu sendiri dengan yang namanya statistika dan setiap lu ngedenger tu nama lu merinding 3 hari 3 malam. Well, yang gue garis bawahi disini yaitu kata lu ngerasa. Lu ngerasa, belum tentu kenyataanya, tapi nyatanya lu ngebiarin perasaan lu megang peranan dalam hal realitas dan membuat diri lu yakin kalo perasaan lu lah yang bener dan kejadian yang terjadi itu murni kesalahan lo, padahal itu cuma efek dari KEBIASAAN.

Contoh kasus yang real :

anggap gue, faris, ngerasa kalo gue gagal terus pas deketin cewek. Gue tetep usaha deketin cewek yang menarik - versi gue - dan akhirnya bisa deket. Pas udah deket, yang ada mereka anggap gue kakak atau sahabat. Setiap kali gue deketin, anggap berakhir kaya gitu. Penguatan dalam pengulangan itu yang akhirnya bikin gue yakin kalo setiap gue deketin seorang cewek, gue pasti dianggap kakak atau sahabat. Nah hubungannya sama kebebasan? gini, gue bebas mau deketin cewek manapun, dan mereka juga punya kebebasan buat nerima atau nolak cowok manapun. Kebebasan gue udah gue jalanin tuh : gue deketin seorang cewek. Dan kebebasan tu cewek juga udah
dia jalain : nerima gue. Kebebasan itu adalah ketidakbebasan. Ketika gue udah diterima, gue jadi ngerasa gak bebas karena gue ingin lebih dari diterima dengan baik ama dia, dan ketidakbebasan dia yaitu dia ngerasa "ini cowok siapa? kok gini banget ama gue, ada apa sih maunya?" Dari ketidakbebasan itu berawal sebuah kebiasaan baru, yaitu komunikasi via bbm.n, sms,n, whatsapp.n, teleponan, atau apapun itu namanya. Muncul lagi kebebasan, apakah komunikasi ini bakal terus dijaga atau nggak, itu tergantung gue ama tu cewek. dan begitulah terus dari kebebasan itu pastilah muncul ketidakbebasan, karena menurut gue bebas itu dari segi perasaan hampir sama dengan puas, kalo lu belum ngerasa bebas, lu bakal berusaha buat bikin diri lu bebas....

kalo bingung wajar, coz gue juga baru paham akhir-akhir ini, hal ini udah lama gue fikirin dan akhirnya nemuin kesimpulan diatas, kalau mau share lebih gapapa, lanjut aja di comment, atau email juga bisa....

regards..

Ariezzaholic



Tidak ada komentar:

Posting Komentar