Senin, 28 Mei 2012

cara menenangkan diri

Cara menenangkan diri ketika galau itu memang banyak. Tapi yang biasa ane lakuin dan terbukti ampuh coz udah dipraktekin ama sendiri ada 2 cara. dibawah ini cara yang biasa ane pake, mudah-mudahan agan n sista cocok ama metode ane.

1. Pertama Meremin mata, kedua posisi badan bisa berbaring atau duduk sila, itu sih seterah yang ngelakuin enaknya gimana. Terus nikmatin tiap tarikan nafasnya. pengaturan nafasnya jadi tarik perlahan dan buang perlahan tanpa penahanan. Usahakan ritme tarikan dan buang nafasnya seimbang, maksudnya jadi pas agan/sista tarik nafas, sambil ngitung dalam hati. 1 tarikan nafas contohnya 5 hitungan, dan buangnya juga segitu. makin lama jangan terpaku pada hitungan, tapi fokus pada nikmatnya narik nafas agan/sista sendiri. Bayangin dan Rasain setiap agan n sista tarik nafas, agan/sista juga narik semua masalah yang dirasain. dan pas buang nafas, buang juga semua masalah yang agan sista rasain barengan nafas itu. Terus lakuin itu sampai hati agan/sista terasa lebih plong. Estimasiin waktu sekitar 10-30 menit buat orang sibuk seharinya, kalo buat yang gak sibuk, lama-lamaan juga gak masalah, coz rasanya nikmat banget.

2. Posisi berbaring, biasanya ane lakuin sebelum tidur. Metodenya jadi gini. Intinya sih sama ngatur ritme nafas, tapi yang ini ada penahananya. maksudnya jadi tarik, tahan, buang dan seterusnya (ulangi terus). untuk awal karena badan masih belum terbiasa jadi mesti dibiasakan dengan cara menghitung seperti diatas. Misal : Narik nafas : 3 hit, Tahan : 3 hit, Buang 3 hit. *hit=hitungan. Kalo metode kedua ini gak perlu sambil mikirin apa-apa. cukup nikmati aja setiap nafas yang diberikan Tuhan ke kita. Dan biasanya nanti pas bangun tidur suka lebih segar dari biasanya. (itu yang ane rasain sih)

Memang setiap orang berbeda dalam stress managementnya, tapi siapa tau stress management yang ane lakuin bisa bermanfaat juga buat para pembaca sekalian. thanks buat perhatiannya...
semoga bermanfaat..

ariezzaholic..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar